Jumat, 11 Juni 2010

Decision Support Systems

DSS adalah sistem computer di level manajemen dalam suatu organisasi yang mengkombinasikan analisa dan data yang mendalam dengan menggunakan model (grafik).

DSS untuk mendukung semistruktur dan tidak terstruktur dalam pengambilan keputusan.
Saat ini informasi dapat dikumpulkan sebanyak mungkin melalui berbagai media yang dimiliki, namun belum tentu dapat dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan pada waktu yang tepat secara efisien dan efektif.

Kemampuan mengambil keputusan yang cepat dan cermat akan menjadi kunci keberhasilan dalam persaingan global di waktu mendatang, memiliki banyak informasi saja tidak cukup, bila tidak mampu meramunya dengan cepat menjadi alternatif-alternatif terbaik untuk pengambilan keputusan.

DASAR-DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi merupakan hasil suatu proses komunikasi dan partisipasi yang terus dari keseluruhan organisasi. Penyusunan model keputusan adalah suatu cara untuk mengembangkan hubungan-hubungan logika yang mendasari persoalan keputusan ke dalam suatu model matematis yang mencerminkan hubungan yang terjadi antara faktor-faktor yang terlibat.

APA ITU DSS ?

Pada dasarnya DSS merupakan pengembangan lebih lanjut dari Sistem informasi manajemen terkomputerisasi (Computerized management Information System) yang dirancang sedemiian rupa seingga bersifat interaktif dengan pemakainya. Interaktif dimaksudkan untuk memudahkan integrasi antara berbagai komponen dalam proses pengambila keputusan, seperti prosedur, kebijakan, teknik analisis, serta pengalaman dan wawasan manajerial guna membentuk suatu kerangka keputusan yang bersifat fleksibel.

DSS memiliki kapabilitas dialog untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan, output ditujukan untuk personil organisasi dalam semua tingkatan, memiliki subsistem-subsistem yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai kesatuan sistem, membutuhkan struktur data yang komprehensif yang dapat melayani kebutuhan informasi seluruh tingkat manajemen.

KOMPONEN DSS

Suatu DSS memiliki 3 basic komponen utama yang menentukan kapablitas teknis, yaitu :

1.USER INTERFACE MANAGEMENT (PERANGKAT LUNAK PENYELENGGARADIALOG)
Software yang sudah sangat terkenal adalah buseness Intelligent. Software yang memungkinkan user menggunakan database dan membuat model untuk mengolah databasenya ataupun formula yang sesuai dengan keinginan user.

2.MODEL MANAGEMENT (MANAJEMEN BASIS MODEL DSS)
Model dasar adalah koleksi model matematika dan analisa yang memudahkan untuk akses kepada pemakai DSS. Suatu model adalah abstrak representasi yang menggambarkan komponen atau hubungan dari phenomena. Suatu model dapa menjadi phisic seperti model pesawat, suatu model matematika (seperti suatu persamaan) atau suatu model verbal (seperti penjabaran prosedure untuk menulis suatu pesanan).

3.DATA MANAGEMENT DSS DSS database adalah koleksi dari database saat ini dan data historis dari beberapa aplikasi di dalam organisasi atau kelompok untuk mudah diakses dengan aplikasi yang sesuai. .


Sarana pembentukan keputusan (DSS)

Sarana sistem permintaan secara multi dimensi dan time series :

•Sarana presentasi informasi yang memiliki fungsi untuk : Menyajikan data rutin dan merinci suatu informasi (Drill_Down), Pemantauan kecenderungan (Trend), Laporan pengecualian (exception Report), Multimedia analisa.

•Sarana pembentukan keputusan (DSS), yang dapat membantu eksekutif dalam menjelaskan penyimpangan yang terjadi, membentuk suatu model, melihat hal yang bersifat subyektif.

•Sarana sistem permintaan secara multi dimensi dan time series, sehingga mempermudah pembacaan informasi dan pengambilan keputusan karena informasi sudah dalam bentuk Matriks dan per periodik waktu.


http://www.slideshare.net/profos/2-1829755

1 komentar:

  1. Pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi merupakan hasil suatu proses komunikasi dan partisipasi yang terus dari keseluruhan organisasi. Pada dasarnya DSS merupakan pengembangan lebih lanjut dari Sistem informasi manajemen terkomputerisasi (Computerized management Information System) yang dirancang sedemiian rupa seingga bersifat interaktif dengan pemakainya. Interaktif dimaksudkan untuk memudahkan integrasi antara berbagai komponen dalam proses pengambila keputusan, seperti prosedur, kebijakan, teknik analisis, serta pengalaman dan wawasan manajerial guna membentuk suatu kerangka keputusan yang bersifat fleksibel.

    BalasHapus